Penulis: Nadia K. Putri/Penulis konten lepas di Remarketing.co.id

Memulai bisnis kreatif kini sedang merajalela. Coba lihat sekitar, adakah temanmu yang open commission jasa ilustrasi, misalnya? Nah, cara memulai bisnis kreatif bisa melalui hobi yang kamu tekuni. Bagaimana mewujudkannya? Yuk scroll berikutnya! 

A. Cara memulai bisnis kreatif dari hobi

Berbisnis dari hobi, siapa takut? Sudah banyak teman kamu yang memulai dan mempraktikkan cara memulai bisnis kreatif dari hobi. Misalnya membuka jasa ilustrasi, jasa desain grafis, membuat crochet atau kerajinan sulam, membuat casing ponsel dari resin, hingga jasa video animasi untuk undangan pernikahan. 

Semua ini berawal dari hobi yang ditekuni. Contohnya saja jasa ilustrasi. Tentu kamu mengawalinya dari hobi menggambar di kertas. Kemudian coba-coba menggambar di laptop dengan alat pen tablet, stylus pen beserta software Adobe Ilustrator. Kamu pun percaya diri dengan hasil gambar, kemudian membuka jasa ilustrasi hingga menjadi bisnis kreatif sampingan. 

Tapi, bagaimana sih cara memulai bisnis kreatif dari hobi? Yuk simak cara-cara berikut ini. 

1. Meski baru memulai, kamu tetaplah perlu butuh kemauan tinggi

Kemauan yang tinggi dibutuhkan saat memulai hal-hal baru yang menantang zona nyaman kamu. Seperti bisnis kreatif. Tujuannya, agar kamu tetap menggali peluang dan belajar pola yang terjadi dalam bisnis yang akan kamu lakukan. 

Dengan begitu, kamu jadi lebih ingat komitmen di awal saat memulai bisnis kreatif. Jadi ketika mager atau ingin rebahan seharian, lebih mudah bangkit lagi deh. 

2. Mempunyai konsep bisnis agar berbeda dengan yang lain

Setiap konsep bisnis itu unik dan kreatif. Tetapi, semuanya akan terlaksana dengan baik jika kamu mewujudkannya. Konsep bisnis bertujuan untuk memberi panduan agar kamu terlihat berbeda dengan yang lain. 

Misalnya kamu hobi memotret dan ingin membuka jasa fotografi. Kamu bisa menentukan konsep bisnis fotografi yang dapat menarik calon klien. Salah satunya dengan membuka jasa foto wedding di lokasi yang “tidak biasa”. Agar dapat meyakinkan calon klien, tunjukkanlah portfolio foto kamu. 

3. Menentukan target pasar, siapa saja ya calon klien kamu? 

Konsep sudah oke, lalu siapa saja calon konsumen dan klien kamu? Bagaimana ya cara menentukan dan mendapatkannya? 

Untuk mendapatkan target pasar, kamu perlu data dan metode. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menjual produk dan jasa. Kamu bisa melakukan cara ini: 

– Observasi harga dan produk di e-commerce, 

– Gunakan analytics tools untuk mencari tahu tren terkini, 

– Tentukan lokasi penjualan

– Ketahui demografi penduduk, mulai dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lain-lain. 

– Kenali kebiasaan calon pembeli produk

Metode yang dapat kamu lakukan berupa: 

Mass marketing, artinya kamu menjual produk atau jasa ke semua orang. 

Differentiated marketing, artinya kamu menjual produk atau jasa secara spesifik.

Niche marketing, artinya kamu menjual produk atau jasa dalam lingkup lebih sempit karena karakter konsumen yang khusus. 

Micro marketing, artinya kamu menjual produk atau jasa dalam lingkup kecil dan terbatas, baik dari segi lokasi, waktu, atau jenis barang. 

Metode-metode ini disesuaikan dengan bagaimana cara kamu ingin menjual produk atau jasa. Misalnya, jika kamu pengrajin hardcase resin, kamu bisa menggunakan metode niche marketing dengan mengandalkan pengguna ponsel yang suka mengganti casing dan ingin tampak unik. 

4. Membuat akun media sosial supaya update terus dan relevan

Akun media sosial diperlukan untuk kamu yang sedang menerapkan langkah dan cara memulai bisnis. Ini karena media sosial membuat produk atau usaha kamu lebih mudah menjangkau audiens yang memiliki minat yang sesuai dengan yang kamu tawarkan. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengenalkan bisnis kreatif kamu ke followers. Mulai dari membuat vlog, tutorial, behind the scene dalam bentuk video atau cerita, hingga live bareng dengan partner bisnis atau rekan kolaborator kamu. 

Pastikan kamu selalu share akun media sosial bisnis kamu ke orang terdekat dan teman-teman kamu. Jika memungkinkan, kamu bisa pasang Instagram Ads atau Facebook Ads untuk menjangkau lebih banyak audiens. 

5. Membuat akun e-commerce, cuan cuan cuan!

Last but not least, cara memulai bisnis kreatif yang paling mudah dilakukan adalah membuat akun e-commerce. Sebut saja Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. 

Misalnya Tokopedia dan Shopee, kedua e-commerce ini menyediakan fitur live layaknya Instagram dan Facebook. Jika kamu ingin menunjukkan barang secara langsung ke calon pembeli, fitur ini akan interaktif dan mendatangkan pembeli potensial. 

Kini, Instagram dan Facebook juga menyediakan fitur shopping yang akan terhubung ke website usahamu. Jadi, main medsos sambil belanja tetap gas terus!

Itulah 5 cara memulai bisnis kreatif dari hobi di rumah aja. Kamu sedang menjalani hobi apa ini di rumah? Yuk coba berbisnis kecil-kecilan juga! 

 

Sumber:

niagahoster.co.id/blog/target-pasar/#Apa_itu_Target_Pasar 

daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/mindset-dan-cara-memulai-bisnis-kuliner-yang-kreatif-dan-inovatif 

jurnal.id/id/blog/cara-memulai-bisnis-rumahan-agar-cepat-sukses/